Header Ads

Mualem, Profil Pemimpin yang Santun nan Pemaaf

 


 Rozzy Syarwan

HABAATJEH.COM, BANDA ACEH - Muzakkir Manaf, sosok yang akrab disapa Mualem, telah menunjukkan ketegaran karakternya sebagai pemimpin. Mantan Panglima Perang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini, meski pernah memimpin perjuangan bersenjata, kini membuktikan diri sebagai sosok yang santun dan bijaksana dalam berpolitik. 

Penilaian tersebut disampaikan Rozzy Wanela, anggota tim koordinator relawan juru bicara Mualem-Dek Fadh. Menurutnya, meskipun kerap menjadi sasaran kritik dan hujatan, baik sebagai seorang politisi maupun pribadi, Mualem selalu menunjukkan sikap yang tenang dan legowo.

"Beliau selalu mengatakan, 'Cit ka jeut keu tòng broh', artinya sudah biasa jika seorang pemimpin diserang dan dikritik. Ini adalah risiko yang harus ditanggung demi amanah yang diemban," ujar Rozzy Wanela kepada awak Media di Kantor Berita RMOLAceh, Minggu, 6 Oktober 2024.

Menurut Rozzy, seorang Mualem, sebenarnya memiliki pengaruh kuat di kalangan mantan kombatan GAM, tidak pernah menggunakan kekuatan militernya untuk membalas dendam atau membungkam kritikus. Meskipun memiliki pasukan yang setia, Mualem memilih jalan damai dan selalu menjunjung tinggi keputusan politik.

"Mualem memiliki prinsip yang kuat, 'bek ta balah jak kap asee sabab tanyoe jikap le asee', yang bisa  diartikan bahwa tidak perlu membalas kejahatan dengan kejahatan karena kita lebih tinggi dari itu," tambah Rozzy.

Rozzy menilai, sikap santun dan pemaaf Mualem tersebut tidak hanya membuatnya dihormati oleh pendukungnya, tetapi juga oleh lawan-lawan politiknya. Banyak mantan kritikus Mualem yang kemudian menjadi rekan kerjanya, membuktikan bahwa Mualem tidak menyimpan dendam.

"Kekuatan Mualem bukan hanya karena dia memiliki pasukan, tetapi lebih karena sikapnya yang elegan dan bijaksana. Dia telah membuktikan bahwa seorang pemimpin yang kuat tidak harus bersifat otoriter," ujar Rozzy.

Terakhir, menurut Rozzy, melalui sikapnya yang konsisten, Mualem telah menunjukkan bahwa kepemimpinan yang santun dan bijaksana adalah kunci untuk meraih hati rakyat.

"Walaupun sering diuji dengan berbagai tantangan, Mualem tetap berdiri tegak dan menjadi inspirasi bagi banyak orang," pungkas Rozzy.[R]



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini